Megapolitan

Atasi Keterbatasan Tabung Oksigen, Bupati Tangerang Bentuk Satgas

INDOPOSCO.ID – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membentuk Satuan Tugas (Satgas) oksigen untuk mengatasi terbatasnya tabung oksigen di Kabupaten Tangerang.

Pembentukan Satgas oksigen tersebut dilakukan melalui Keputusan Bupati Tangerang Nomor : 360/Kep.990-Huk/2021.

Satgas oksigen ini merupakan gabungan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Kabupaten Tangerang, yang terdiri dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Raharja, Perumdam Pasar Niaga Kerta Raharja, PT. LMK Artha Raharja Gemilang (Perseroda), PT. BPR Kerta Raharja Gemilang (Perseroda) dan PT. Mitra Kerta Raharja (Perseroda).

Semua BUMD Kabupaten Tangerang bergotong-royong dan bekerja sama baik dalam mengatasi kelangkaan tabung maupun oksigennya untuk membantu pasokan oksigen dan tabungnya ke rumah sakit, puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya di Kabupaten Tangerang.

“Ini bagian dari kerja sama, gotong royong seluruh BUMD Kabupaten Tangerang dan Pemda Kabupaten Tangerang, untuk membantu ketersediaan oksigen dan tabung oksigen
baik untuk rumah sakit, puskesmas maupun klinik kesehatan yang membutuhkan,” ujar Zaki, Rabu (14/7/2021).

Satgas oksigen dalam laporannya, saat ini menargetkan sekitar 200 tabung oksigen dengan berbagai ukuran, realisasi sampai dengan 13 Juli 2021, telah ada 61 tabung oksigen dengan rincian 6 tabung ukuran satu meter kubik dan 55 tabung ukuran enam meter kubik dan sebanyak 4 tabung ukuran enam meter kubik telah diserahkan ke Rumah Sakit (RS) Qadr.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengawas Perumdam Tirta Kerta Raharja yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten angerang, Mochamad Maesal Rasyid, menjelaskan bahwa seusai arahan bupati selaku Ketua Satgas Covid Kabupaten Tangerang, memerintahkan kepada para direktur BUMD terlibat langsung dalam penanganan Covid-19.

“Kami memerintahkan kepada semua direktur BUMD untuk terlibat langsung dalam Satgas oksigen walaupun sebelumnya mereka semua sudah terlibat dalam penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tangerang. Sesuai dengan SK Bupati Tangerang tentang Pengangkatan Satgas Oksigen Kabupaten Tangerang dipercayakan kepada para direktur BUMD,” ujar Maesal.

Satgas ini, kata Maesal, merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah dan BUMD untuk terlibat nyata dalam pencegahan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tangerang. Perumdam Tirta Kerta Raharja dipilih sebagai depo karena lokasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) itu representatif, sentral dan strategis lokasinya.

“Saat ini, pasokan sudah ada 55 tabung dan sebagian lagi dalam perjalanan yang akan mencapai target 200 tabung, untuk memenuhi kebutuhan seluruh rumah sakit maupun puskesmas di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Satgas oksigen ini, kata Maesal, siap melayani, support semua rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Tangerang, tidak hanya melayani rumah sakit pemerintah tapi juga rumah sakit swasta. (dam)

Sponsored Content
Back to top button