Headline

Asyik, Pekerja di-PHK Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan

INDOPOSCO.ID – Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) menjadi bantalan sosial bagi pekerja yang kehilangan pekerjaan. Dan membantu pekerja bertahan hingga mendapat pekerjaan baru atau memutuskan menjadi wirausaha.

Penyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi dalam keterangan, Kamis (15/7/2021).

Dia menjelaskan, ketiga manfaat itu berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan mengikuti pelatihan kerja. Uang tunai, menurutnya, diberikan setiap bulan selama enam bulan setelah pekerja mengalami PHK.

“Diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi syarat sebagai penerima manfaat JKP,” katanya.

“Uang tunai ini rinciannya adalah 45 persen dari upah untuk 3 bulan pertama, dan 25 persen dari upah untuk 3 bulan berikutnya, dan ini diberikan paling lama 6 bulan,” imbuhnya.

Manfaat akses informasi pasar kerja, dikatakan, diberikan dalam bentuk layanan informasi pasar kerja. Oleh Pengantar Kerja atau Petugas Antarkerja secara online maupun secara manual.

“Untuk manfaat pelatihan kerja dilakukan melalui sistem tenaga kerja (Sisnaker) dan manual yang terdiri atas pelatihan kerja berbasis kompetensi kerja, pelatihan kewirausahaan, dan pemagangan di industri,” terangnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button