Headline

AS Minta Guatemala Tahan Pesawat Eks Presiden Panama. Ada Apa?

INDOPOSCO.ID – Atas permintaan Pemerintah AS (Amerika Serikat), pesawat milik mantan Presiden Panama Ricardo Martinelli ditahan di Bandara Internasional Guatemala oleh Kantor Kejaksaan Antinarkotika setempat. Demikian dikatakan pihak berwenang Guatemala pada Jumat malam (26/2/2021).

Sayangnya alasan Pemerintah AS meminta operasi penahanan itu tidak dijelaskan secara rinci. Pihak berwenang Guatemala mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi itu dilakukan oleh Kantor Kejaksaan dalam memerangi narkoba, dengan dukungan unit khusus yang berfokus pada kejahatan di bandara.

Martinelli yang menjabat sebagai presiden dari 2009 hingga 2014 diekstradisi dari AS dan dipenjara di Panama dengan tuduhan telah menggunakan uang publik untuk memata-matai saingan politik saat menjabat. Dia dibebaskan pada 2019 setelah dinyatakan tidak bersalah.

Pada tahun lalu, Martinelli dilarang meninggalkan negara itu saat diselidiki karena pencucian uang. Seperti dikutip dari Reuters melalui Antara, pernyataan tersebut tidak menunjukkan di mana keberadaan Martinelli.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button