Nasional

Aprindo Dukung Kampanye Cegah Perokok Anak

INDOPOSCO.ID – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mendukung penuh kampanye untuk mencegah perokok anak-anak yang digalakkan oleh Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) bagi kalangan peritel.

“Pembatasan visual produk rokok sudah banyak dilakukan di ritel-ritel modern. Misalnya dengan penyediaan rak khusus di belakang kasir atau di tempat yang tidak bisa dijangkau langsung oleh pembeli. Ini salah satu kuncian agar petugas di toko bisa selektif dan mengetahui usia pembeli,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aprindo, Roy N. Mandey.

Ditanya soal aturan di kalangan peritel, Roy mengatakan Aprindo menyambut baik diselenggarakannya kegiatan edukasi pedagang yang dilakukan Gaprindo di daerah Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (17/3/2021).

Pihaknya menyatakan dukungan penuh bagi setiap langkah nyata Gaprindo dalam mencegah akses produk rokok untuk anak di bawah umur.

Gaprindo pada hari ini menggelar sosialisasi dua hari bagi kalangan pedagang ritel di Kalideres mengenai pembatasan akses rokok bagi pembeli di bawah umur. Sosialisasi perdana ini menargetkan 50 titik sasaran dan tidak menutup kemungkinan diperluas setelah melihat evaluasi dan penerimaan masyarakat.

“Jika pedagangnya tegas, meskipun anak-anak membawa uang, mereka tidak akan bisa mendapat rokok. Apa pun alasannya. Untuk itu, para agen edukasi Pedagang Bijak ini kami bekali dengan informasi pendukung yang mudah dipahami dan semoga dapat diterima oleh para pedagang,” kata Ketua Gaprindo Muhaimin Moeftie.

Muhaimin Moeftie berharap aksi ini didukung oleh banyak pihak, khususnya yang punya kepentingan sama untuk mengurangi angka perokok anak di daerah. “Kami sangat terbuka apabila ada peluang kerja sama lainnya yang bisa melanjutkan aksi edukasi seperti ini,” lanjutnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button