Ekonomi

Antisipasi Harga Turun, Kementan Gerakkan Kostraling Serap Gabah di Jabar

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) menggerakkan Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) untuk menyerap gabah petani di Provinsi Jawa Barat sebagai langkah nyata tidak menurunkan harga gabah petani pada musim panen raya yang berlangsung Maret hingga April 2021 ini.

Kementan bersinergi dengan Dinas Pertanian, Perum BULOG, Perpadi dan unsur Kodim setempat melakukan Gerakan Serap Gabah (GSG) untuk stabilitasi harga di Kabupaten Indramayu, Cirebon, Karawang, Kuningan, Bekasi, Bogor dan Banjar.

Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu di lokasi serap gabah yakni Desa Plosokerep Kecamatan Terisi bersama BULOG melakukan penyerapan gabah sebanyak 750 ton. Adapun daerah lainnya menyusul untuk dilakukan gerakan serapan gabah petani.

Sekretaris Ditjen Tanaman Pangan, Bambang Pamuji mengatakan GSG dilaksanakan di kecamatan-kecamatan yang teridentifikasi terjadi penurunan harga gabah di bawah HPP. Di saat panen raya dan harga jatuh, di situlah pemerintah hadir membantu petani melakukan upaya penanganan dengan bersinergi lintas intansi terutama BULOG.

“Selain menyerap gabah, Kementan pun melakukan optimalisasi pemanfaatan dryer, RMU, gudang/lumbung cadangan pangan provinsi dan kabupaten/kota untuk mengoptimalkan masa panen raya padi,” demikian dikatakan Bambang pada rapat koordinasi di Cirebon dengan Kepala Kanwil BULOG Jabar, Jumat (19/3/2021).

Sementara itu, Penanggungjawab GSG Jabar, U.Sugiharto menuturkan serap gabah diprioritaskan di kecamatan yang anjlok harga gabah di bawah HPP sehingga petani tidak merugi. Serap gabah pun langsung dilakukan di lokasi panen raya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button