Nasional

Antigen Percepat Pelacakan Kasus Positif Covid-19

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan percepat upaya pelacakan kasus positif Covid-19 melalui hasil tes antigen saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro diperpanjang.

“Pak Menko sudah menyetujui, juga sesuai rekomendasi WHO, boleh penggunaan rapid tes antigen untuk mendiagnosa kasus positif yang lebih cepat,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers yang digelar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) secara daring, Jumat.

Kecepatan diagnosa ini diperlukan Kemenkes yang terus mengupayakan perbaikan metode ‘testing’ juga ‘tracing’ dan isolasi di masa PPKM mikro pada 23 Maret sampai 5 April 2021.

Sesuai standar WHO, kata Budi, idealnya dilakukan 1 per 1.000 tes per minggu. Dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 269 juta jiwa, maka untuk mengejar standar WHO tersebut perlu dilakukan 40.000 tes setiap harinya.

“Hanya saja tes ini juga berhubungan dengan proses untuk mengetahui hasilnya. Untuk mengurangi risiko penularan, maka hasilnya harus bisa diketahui kurang dari 24 jam,” katanya.

Pengujian melalui rapid antigen bisa mengetahui hasil lebih cepat, bahkan dalam hitungan menit. Sehingga kasus positif bisa diketahui lebih cepat dan penularan bisa segera diantisipasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button