Megapolitan

Anies: Tantangan Keterisian RS Covid-19, Banyak Pasien Antre

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyoroti tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 yang masih tinggi. Hal itu dinilai masih menjadi tantangan ke depan.

Bahkan, akibat meningkatnya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19, membuat sejumlah pasien terpapar virus corona belum tertangani di rumah sakit.

“Memang kita menghadapi tantangan soal BOR, banyak masyarakat yang mengantre, belum bisa masuk rumah sakit,” kata Anies dalam rapat evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jakarta, Minggu (18/7/2021).

Meski tak disebutkan secara rinci jumlah pasien yang mengantre di rumah sakit. Namun, jumlah keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta memang tinggi.

Untuk BOR isolasi harian berada di angka 92 persen. Dari angka itu, menunjukan dari 11.522 total tempat tidur, sebanyak 10.623 unit telah terisi oleh pasien positif Covid-19.

Sementara, untuk tingkat keterisian ICU sudah mencapai angka 95 persen. Dinkes DKI mencatat, dari total 1.470 ICU, sebanyak 1.390 telah terisi.

Menurutnya, selama dua pekan pelaksanaan PPKM Darurat dinilai  berjalan relatif baik. Seperti halnya, pembatasan mobilitas, pengelolaan rumah sakit, dan penanganan pasien Covid-19 yang dirawat.

“Kemudian juga pengelolaan ruang-ruang isolasi untuk mereka yang bergejala ringan, yang semuanya alhamdulillah berjalan dengan baik,” ujar Anies. (dan)

Sponsored Content
Back to top button