Megapolitan

Anies Baswedan Klaim JakLingko Sejahterakan Warga Jakarta

INDOPOSCO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim program Jaklingko yang dibentuk sejak 2018 menjadikan warga Jakarta lebih sejahtera. Hal itu karena dengan tarif Rp 5.000 per tiga jam melalui kartu JakLingko, penumpang bisa naik angkutan umum seperti TransJakarta dan angkutan perkotaan (angkot) berkali-kali tanpa ada biaya tambahan.

Selain lebih hemat, lanjut Anies, keberadaan Jaklingko juga mendorong masyarakat beralih naik angkutan umum, terutama bus TransJakarta. Pada akhir 2016, jumlah penumpang TransJakarta mencapai 340.000 orang per hari, namun pada 2020 naik 3,5 kali lipat menjadi satu juta lebih penumpang.

“Di Jakarta ini hampir bisa dikatakan pengeluaran keluarga bisa sampai 30 persen untuk transportasi. Jadi, terima uang bulanan itu 30 persennya bisa habis untuk transportasi. Kalau armada kami tambah artinya punya uang, tapi kalau penumpang itu tambah artinya ada perubahan perilaku warga Jakarta. Dari naik kendaraan pribadi berubah menjadi naik kendaraan umum,” kata Anies seperti dilansir Antara, Kamis (1/4/2021).

Dengan perubahan itu, lanjutnya, maka biaya hidup warga menurun karena pengeluaran mereka untuk transportasi jauh lebih rendah. Dengan kata lain, harapannya mereka bisa lebih sejahtera karena anggarannya bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button