Nusantara

Angka Pengangguran di Sultra Capai 61 Ribu

INDOPOSCO.ID – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara La Ode Muhammad Ali Haswandy mengatakan jumlah pengangguran mencapai 61 ribu orang selama pandemi Covid-19.

“Kalau di BPS kemarin itu angka pengangguran 4,58 persen atau kurang lebih sekitar 61 ribu orang,” kata La Ode seperti dikutip Antara, Selasa (25/5/2021).

Ia menyampaikan, angka pengangguran di daerah tersebut meningkat sejak adanya wabah virus corona. Dari 61 ribu, sekitar 9,2 persen sudah mengikuti pelatihan kompetensi. Sebagian besar mereka yang menganggur terkena dampak pandemi Covid-19 sehingga terpaksa dirumahkan, termasuk mereka yang baru lulus namun terbatasnya lapangan pekerjaan.

“Kita kan pernah di Februari tahun 2020 itu pengangguran kita 3,17 persen, naik setelah pandemi ini menjadi 4,58 persen,” ujar dia.

Menurut dia, selain karena adanya pendemi Covid-19, salah satunya penyebab meningkatkatnya jumlah pengangguran adalah mereka tidak memiliki kompetensi atau skil. Sehingga upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan calon pekerja yaitu dengan pelatihan berbasis kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan industri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button