Headline

Angka Kematian Bisa Tembus 5 Ribu Per Hari, DPR: PPKM Darurat harus Diperpanjang

INDOPOSCO.ID – Pemerintah harus memperpanjang dan memperluas cakupan Pemberlakuan Pemberantasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sampai 17 Agustus mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra Kamrussamad melalui gawai, Minggu (18/7/2021).

Perpanjangan PPKM Darurat tersebut, menurut dia, dengan catatan saat Peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun nanti, vaksinasi sudah mencapai 70 persen, BOR (keterisian tempat tidur) kembali ke posisi 70 persen. Lalu layanan medis bagi masyarakat isolasi mandiri (Isoman) menjangkau 70 persen, berupa paket obat gratis dan paket sembako.

“Perpanjangan ini harus diikuti dengan kebijakan Fiskal untuk bantuan tunai bagi pedagang pasar, Warteg, kedai kopi, tukang tambal ban motor, bengkel tradisional dan buruh serta pekerja,” bebernya.

Dia menilai, percepatan vaksinasi yang digerakkan oleh Polri, TNI dan badan intelijen negara (BIN) sudah tepat. Sebab, masyarakat merasa lebih terjamin dan terlindungi secara psikologi.

“Jika PPKM Darurat tidak diperpanjang sangat berbahaya dan berpotensi meningkatkan angka kematian tembus 5 ribu orang per hari karena tidak terjangkau layanan medis,” tegasnya.

“Saat ini vaksinasi baru 30 persen, tingkat hunian rumah sakit (RS) rujukan masih 120 persen, RS Darurat terjadi antrian dimana mana, jutaan pasien Isoman belum terjangkau layanan medis,” imbuhnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button