Nusantara

Andi Tenri Abeng, Sang Pioneer Dalam Catatan INDOPOSCO

INDOPOSCO.ID – Sukses tiga tahun memimpin Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng kini dapat promosi menempati posisi baru di Kementerian Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai Direktur Pengaturan Pandaftaran Tanah dan Ruang pada Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah.

Saat awal menjabat sebagai orang nomor satu di BPN Banten, wanita yang akrab disapa Abeng ini berjanji melaksanakan tugas dengan baik, guna membenahi pertanahan dan meneruskan berbagai kebijakan Kepala Kantor wilayah (Kakanwil) Banten sebelumnya agar pelayanan pertanahan di Provinsi Banten menjadi lebih baik.

”Sebagai Kakanwil Banten yang baru, saya siap melaksanakan tugas, dan tentunya akan lebih sukses lagi ke depan, demi kemajuan masalah pertanahan di Provinsi Banten,” ujar Andi Tenri Abeng yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Umum dan Tata Usaha Pimpinan, Kementerian ATR/BPN kepada INDOPOSCO, Senin, 13 Agustus 2018.

Dia juga mengatakan, dalam tugasnya yang baru ada beberapa PR (pekerjaan rumah) yang perlu dituntaskan saat itu, terutama masalah sertifikasi tanah masyarakat yang saat itu masih belum banyak terdata secara baik, termasuk pengadaan lahan untuk PSN (Proyek Strategis Nasional) di wilayah Banten.

Selain pembebasan lahan untuk tol Serang-Panimbang, tol Cinere-Serpong, tol Serpong-Balaraja, serta pembebasan lahan untuk proyek Runway 3 Bandara Soekarno–Hatta sebagai PSN adalah salah satu contoh kecil keberhasilan Abeng dalam pengadaan tanah untuk proyek negara.

Tak hanya itu, salah satu yang menjadi perhatiannya Andi Tenri Abeng saat menjabat Kakanwil BPN Banten adalah menyelesaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang juga merupakan program Presiden Joko Widodo agar mencapai target dan tepat waktu penyelesaian.

”Saya akan meneruskan kebijakan yang sudah diambil oleh pejabat sebelumnya, untuk Banten yang lebih baik lagi,” tegas mantan Kepala Seksi HTPT BPN Kota Bekasi ini.

Dalam catatan INDOPOSCO, awal menjalani tugas sebagai orang nomor satu di BPN Banten Abeng mengunjungi kampung Reforma Agraria yang terletak di Desa Mekarsari, Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, didampingi oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita pada 14 Agustus 2018.

Abeng dan Bupati Pandeglang menyaksikan penggarapan lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) seluas 48,7 hektare di daerah tersebut yang dijadikan Kampung Reforma Agraria, dan berjani mempercepat penerbitan sertifikat tanah di lahan tersebut untuk warga.

Abeng yang didampingi Kepala Bidang Penataan tanah BPN Banten saat itu, Antoni Selian yang kini menjadi kepala kantor Partanahan Kota Padang, Sumatera Barat, juga menegaskan akan mempercepat penerbitan sertifikat tanah di lahan tersebut.

Semua janji di awal masa jabatannya sebagai Kakanwil BPN Banten kini telah berhasil dituntaskan. Salah satunya, warga Kampung Reforma Agraria di Pandeglang yang selama ini menepati lahan eks HGU, kini sudah memiliki sertifikat tanah dan hidup bertani.

Bahkan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra berkesempatan mengunjungi Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari tersebut, dan mengapresiasi keberhasilan penataan di kampung itu oleh BPN Banten.

Selanjutnya, pembebasan lahan untuk Runway 3 Bandara Soetta juga berhasil dilakukan, kendati sempat mendapat penolakan dari warga. Demikian juga pembebasan lahan untuk sejumlah ruas tol di Banten, termasuk tol Serang-Panimbang juga berhasi dilakukan, dan akan segera beroperasi seksi I dari tol Serang ke Rangkasbitung tahun ini.

Tak hanya itu, program lainnya yang berhasil saat kepemimpinan Andi Tenri Abeng adalah, program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) dengan program ‘BPN Banten Menyapa’. Program ini mendapat apresiasi dari Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button