Nusantara

Anak Berusia 12 Tahun Sudah Bisa Divaksin di Lamongan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah sedang menggenjot vaksinasi untuk menciptakan kekebalan tubuh masyarakat secara kelompok. Hal itu bertujuan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

Saat ini, vaksinasi dapat diberikan kepada anak yang berusia 12 tahun. Namun, pada pelaksanaannya wajib memiliki rekomendasi hasil uji klinis dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Salah satu daerah yang telah melaksanakan vaksin kepada anak berusia 12 tahun, adalah Lamongan, Jawa Timur (Jatim). Vaksinasi terhadap anak ini, masuk dalam program vaksinasi tahap tiga yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan.

“Sudah mulai dilakukan vaksin untuk anak usia di atas 12 tahun ke atas. Setelah uji klinis sudah dapat rekomendasi bahwa usia 12 tahun sudah bisa,” kata Kabid Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamongan, dr Herwidhiyah Shidayatri, Sabtu (10/7/2021).

Selain anak usia 12 tahun ke atas, kata dia, vaksinasi tahap tiga juga menyasar masyarakat rentan dan umum lainnya. Bahkan ke depan, tidak menutup kemungkinan vaksinasi dapat diberikan kepada ibu hamil. Tetapi, hal itu tergantung rekomendasi dari Kemenkes.

Bagi anak yang ingin divaksin, dapat mendatangi kantor Dinkes Lampongan setiap hari Selasa dan Kamis. Dengan syarat, hanya membawa kartu keluarga atau kartu anak.

“Kegiatan vaksinasi ini akan dilakukan setiap hari Selasa sampai Kamis pada pukul 08.00 hingga 11.00 WIB di Dinas Kesehatan Lamongan. Syaratnya mudah, hanya membawa Kartu Keluarga (KK) atau kartu anak,” jelasnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button