Olahraga

Amerika Juara Umum Olimpiade

INDOPOSCO.ID – Kontingen Amerika Serikat resmi menjadi juara umum Olimpiade Tokyo 2020 setelah menyabet tiga keping medali emas tambahan, Minggu (8/8/2021). Para atlet negeri Paman Sam mendapat 39 medali emas, 41 perak dan 33 perunggu, sedangkan China di posisi kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu.

Amerika melanjutkan dominasi mereka sebagai juara umum Olimpiade dalam enam dari tujuh edisi terakhir sejak Atlanta 1992. Satu-satunya kegagalan Amerika menjadi jawara ketika China menjadi tuan ruma Olimpiade Beijing 2008.

Sebenarnya Olimpiade Tokyo masih menyisakan dua partai final lagi, yakni handball putri dan polo air putri, tapi baik Amerika maupun China tak terlibat di dalamnya, sehingga apapun hasil kedua laga itu tidak akan mengubah perebutan posisi juara umum.

Amerika memasuki kompetisi hari terakhir, yang memperebutkan 13 keping medali emas di delapan cabang olahraga dan secara klasemen Amerika menduduki posisi kedua dan tertinggal dua emas dari China yang menduduki puncak. Namun tim bola basket putri menyumbang medali emas pertama Amerika dengan menundukkan tuan rumah Jepang dengan 90-75.

Kemudian Amerika kembali mendapat medali emas lewat pembalap sepeda Jennifer Valente setelah memenangi nomor balap sepeda trek omnium putri di Izu Velodrome, sementara wakil tuan rumah Yumi Kajihara memperoleh perak dan perunggu didapatkan pembalap sepeda Belanda Kirsten Wild.

Emas terakhir bagi Amerika disumbangkan oleh tim bola voli putri yang secara gemilang melumat Brasil dengan skor 3-0 di Ariake Arena.

Sementara China pada hari penutupan Olimpiade ini hanya mendapat tambahan satu medali perak melalui petinju Li Qian yang kalah melawan wakil Britania Raya Lauren Prince di final kelas menengah (69-75kg) putri. (wib)

Sponsored Content
Back to top button