Nasional

Alkisah Bung Karno Naik Kuda Jinak

INDOPOSCO.ID – Di balik peresmian patung Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno naik kuda ternyata ada kisah unik. Ini diceritakan putri Bung Karno yang juga Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri. Kisah tersebut sebelumnya diceritakan ibundanya, Fatmawati Soekarno.

“Saya dengar ceritanya dari ibu saya, waktu itu sangat panik. Karena seperti apa yang dikatakan, (Bung Karno, red) tidak tahu bagaimana menunggang kuda,” kata Megawati dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021), saat berpidato pada peresmian patung Bung Karno di halaman depan Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Megawati menceritakan berdasarkan cerita ibundanya, saat itu Soekarno sebagai Presiden meminta untuk dicarikan kuda yang jinak. “Saya tidak dapat membayangkan mendengar cerita ibu saya itu, bagaimana seorang panglima tertinggi kudanya itu jinak. Tentunya, seharusnya (kudanya, red) garang ya,” ujarnya sambil tersenyum.

Mega mengatakan, setelah Bung Karno bisa menunggang kuda, maka sang ayah akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap kesiapan prajurit TNI. Momen tersebut terjadi dalam sebuah peringatan ulang tahun Angkatan Perang Republik Indonesia.

“Disebut Angkatan Perang pada waktu itu dan sekarang menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI),” ujarnya dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button