Nusantara

Akibat Pergerakan Tanah, 16 Rumah di Sumedang Rusak

INDOPOSCO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mencatat 16 rumah rusak akibat bencana pergerakan tanah yang melanda Desa Tanjungwangi, Kecamatan Tanjungmedar mengakibatkan seluruh penghuninya harus mengungsi untuk menghindari ancaman bahaya bencana itu.

“Kita sudah melakukan ‘assessment’ ada 16 rumah yang mungkin terancam terkait pergerakan tanah di lokasi itu,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Sumedang Iwan Hermawan seperti dikutip Antara, Senin (29/3/2021).

Ia menuturkan pergerakan tanah itu sudah sering terjadi, dan terakhir dampak dari kejadian itu menyebabkan kerusakan pada bangunan rumah warga maupun tanah lingkungan warga setempat.

Rumah yang terdampak langsung pergerakan tanah, cukup berjarak jauh dengan rumah penduduk lainnya di desa tersebut sehingga tidak terlalu meluas ancaman bahayanya terhadap warga di sana.

“Sebanyak 16 rumah ini memang kondisinya betul-betul ada retakan, ada rumah yang tidak banyak retakan tapi tanah di pinggir rumahnya sudah ada retakan,” kata Iwan.

Ia menyampaikan hasil laporan di lapangan kondisi rumah warga itu terletak pada kemiringan tanah yang berbahaya dan cukup tinggi sehingga disarankan mengungsi untuk menghindari bahaya bencana pergerakan tanah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button