Nusantara

Ajukan Pinjaman Rp4,1 Triliun ke SMI, Pemprov Harap Uangnya Cair Juli

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah resmi melayangkan surat peminjaman dana kepada PT. Sarana Multi Insfratuktur (SMI) sesuai skema awal dengan nilai Rp4,1 triliun.

Proses itu telah melewati drama yang panjang pacsa penerapan bunga 6,19 persen dari total pinjaman. Pinjaman jadi dilakukan setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten memberikan pendapat yang direkomendasikan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Diketahui, ada tiga rekomendasi yang disodorkan Pemprov Banten kepada legislator. Pertama, pinjaman dilakukan sepenuhnya yakni Rp4,1 triliun dengan resiko bunga 6,19 persen. Kedua, meminjam sesuai kebutuhan program strategis. Ketiga, tidak melakukan pinjaman.

Kemudian, ada 7 fraksi yang berpendapt pinjaman harus dilakukan sepenuhnya sesuai rekomendasi nomor prtama. Di sisi lain, ada 2 fraksi yang berpendapat tidak perlu melakukan pinjaman sama sekali lantaran akan memberatkan pembayaran.

“Semua program dan kegiatan yang dianggarkan menggunakan dana dari SMI sudah dianggarkan pada APBD 2021, sebagaimana yang disampaikan Gubernur Banten, kami sudah berkirim surat dan mengajukan permohonan kepada SMI dengan pola yang Rp4,1 triliun,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, Rina Dewiyanti, Selasa (26/5/2021).

Diterangkan Rina, ajuan dana pinjaman itu akan dilakukan verifikasi kemanfaatannya oleh PT. SMI dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJKP). Artinya, tidak menutupkemungkinan pencairan pinjaman tidak sepenunya atau full sepenuhnya.

“Nanti kami sudah menghitung Rp4,1 triliun itu masih ada beberapa tahapan oleh pemberi dalam hal ini SMI dan DJPK. Nanti dilakukan rakortek, apakah semua yang diusulkan Pempov Banten ini dapat disetujui, itu nanti berdasarkan hasil Verifikasi karena ini tidak hanya Pempov Banten saja yang mengajukan ke SMI, makanya dilakukan verifikasi apakah eligibeler atau tidak. Beberapa faktor itu apakah program ini mendukung PEN, itu yang utama,” terangnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button