Gaya Hidup

Ahli: Masker Cegah TB dan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Komite Ahli Penanggulangan Tuberkulosis 2021 Prof. Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan, bahwa upaya pengendalian tuberkulosis (TB) bisa dilakukan sejalan dengan penanganan Covid-19.

“Dari program penanggulangan Covid-19 misalnya testing, tracing, dan treatment, hal yang sama bisa juga dilakukan untuk tuberculosis (TBC). Kemudian pakai masker juga jelas dapat mencegah penularan Covid-19 dan mencegah penularan TBC,” ujar Tjandra seperti dikutip dari kanal Youtube Kementerian Kesehatan, Rabu (24/3/2021).

”Jadi masker ini memang penting untuk mengurangi penularan semua penyakit yang dikeluarkan lewat saluran pernapasan. Kita harapkan semua pelayanan kesehatan itu berjalan baik untuk menangani Covid-19 dan juga untuk menangani TBC,” sambungnya.

Sebagai contoh, lanjut dia penelusuran kontak kasus positif Covid-19 dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan. Begitu juga penelusuran kontak dari pasien TBC diperlukan untuk mencegah penularan.

“Covid-19 tidak akan selesai kalau hanya mengandalkan pemerintah, harus ada keterlibatan masyarakat untuk menangani penyakit tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk TBC,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dia menyebut berdasarkan survei WHO khususnya di kawasan Asia Tenggara, penanganan kasus TBC memang terganggu di masa pandemi Covid-19. Misalnya dalam hal penemuan kasus. Aktivitas skrining terhambat karena minimnya akses ke pelayanan kesehatan.

“Kemudian dari sisi laboratorium. Selama pandemi Covid-19, berkurangnya rujukan spesimen TBC karena laboratorium saat ini fokus menangani spesimen Covid-19, bahkan suplai obat juga terganggu. Begitu pula dengan perawatan dan pengawasan pasien TBC,” imbuhnya. (yah)

Sponsored Content
Back to top button