Gaya Hidup

Ahli: Di Masa Pandemi, Susu Penting untuk Penuhi Nutrisi

INDOPOSCO.ID – Guru besar Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Prof. Elly Tugiyanti mengingatkan pentingnya konsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh di tengah pandemi COVID-19.

“Kondisi pandemi mengharuskan kita menjaga imunitas dan kesehatan tubuh, konsumsi susu dapat menjadi salah satu pilihan tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021).

Dia mengatakan, susu memiliki banyak kandungan zat gizi yang tinggi dan lengkap yang dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia.

“Contohnya susu sapi segar yang merupakan bahan pangan yang mengandung zat gizi tinggi dan lengkap, seperti protein, lemak, mineral, vitamin hingga berbagai enzim baik. Sifat zat gizi tersebut mudah dicerna dan diserap secara sempurna oleh tubuh,” katanya.

Dia menambahkan bahwa di dalam susu terdapat karbohidrat berupa laktosa yang sifat gulanya tidak terlalu manis sehingga tidak berpotensi merusak gigi.

“Susu juga menjadi sumber asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, sumber kalsium hingga fosfor yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta mencegah terjadinya osteoporosis,” katanya.

Selain itu, susu juga sangat bermanfaat untuk optimalisasi produksi melatonin yaitu hormon yang dihasilkan pada malam hari yang membuat kita merasa mengantuk sehingga tubuh kita dapat beristirahat dengan baik.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa susu merupakan cairan berwarna putih yang dihasilkan dari sekresi kelenjar kulit (ambing) ternak mamalia betina yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan untuk kesehatan anak ternak tersebut.

“Akan tetapi ternak mamalia, seperti sapi memproduksi susu melebihi dari kebutuhan anaknya, sehingga kelebihan susu tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia,” katanya.

Dia mengatakan konsumsi susu dapat memberikan manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang disesuaikan dengan berdasar pada kelompok usia.

“Misalkan di antara kita sering bertanya berapa banyak konsumsi susu segar yang ideal setiap harinya, tentunya akan memudahkan jika kita melihat berdasarkan kelompok usia,” katanya.

Misalkan untuk anak di kelompok usia 1 – 3 tahun, kata dia, dianjurkan mengonsumsi 100 ml susu per hari. Sementara Untuk anak berusia 4 – 10 tahun, konsumsi susu ideal sebanyak 130-150 ml per hari.

“Sementara bayi yang berusia kurang dari setahun sumber pangan terbaiknya untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya adalah air susu Ibu (ASI) sehingga tidak dianjurkan mengonsumsi susu segar,” katanya. (bro)

Sponsored Content
Back to top button