Gaya Hidup

Agar Tidak Panik Anak Divaksin, Ini yang Perlu Dilakukan Orang Tua

INDOPOSCO.ID – Orang tua (ortu) harus dapat melakukan komunikasi sesuai dengan kepribadian anak soal vaksin agar tidak panik. Demikian dikatakan Dokter Spesialis Anak dr. Yulianto Santoso Kurniawan SpA dalam bincang-bincang soal Pencegahan dan Vaksin Covid-19 Pada Anak secara daring di Jakarta, Senin (2/8/2021).

“Memang tergantung papa dan mama anaknya tipe yang mana. Kalau yang sudah matang dan sudah bisa berpikir logis, maka paparkan dengan data dan fakta. Tapi kalau masih menggunakan sisi emosinya, paparkan dengan emosional, tentu tidak menggurui ya,” ujar Yulianto.

Dia menambahkan, kerangka berpikir anak remaja pada umumnya belum berjalan secara sempurna, sehingga membutuhkan penyesuaian melalui komunikasi.

Menurut Yulianto, orang tua dapat memberikan informasi menggunakan grafis atau ilustrasi dari situs atau data resmi yang menyatakan anak remaja masih bisa terkena Covid-19, jika memang mereka sudah dapat berpikir logis.

Sementara untuk anak yang lebih memiliki sisi emosional, ia mengatakan orang tua dapat memberikan pengertian berupa gambaran bagaimana bila anak harus hidup terpisah dengan keluarganya saat harus menjalankan isolasi mandiri atau perawatan ketika terkena Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button