Nasional

ADPMET Fokus Kembangkan Energi Terbarukan

INDOPOSCO.ID – Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) Ridwan Kamil mengatakan, lima tahun ke depan akan fokus mengembangkan energi terbarukan. Contohnya biofuel berbasis sampah, kotoran hewan dan tumbuhan.

Ridwan Kamil yang juga Gubernur Jawa Barat (Jabar), menyampaikan hal itu ketika menghadiri Forum Daerah ADPMET di Kota Medan, Rabu (31/3/2021) petang.

Menurut Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil, energi terbarukan merupakan tren global ditandai dengan kemunculan konsep Energy Transition and Environmental Social Governance Fund untuk investasi dengan prioritas eksplorasi gas dibanding minyak bumi.

“Jangan semua mengandalkan minyak. Gas belum diolah, energi terbarukan baru 4,5 persen dan mereka berkomitmen sama-sama berjuang sebagai organisasi,” katanya.

Selain itu, Kang Emil mengatakan, ADPMET juga berusaha menciptakan iklim migas yang lebih berkeadilan terutama bagi daerah- daerah kaya cadangan energi. Daerah penghasil harus mendapatkan haknya untuk dapat menyejahterakan rakyatnya.

Dalam Forum Daerah ADPMET tersebut, Kang Emil menyerap aspirasi daerah (provinsi dan kabupaten/kota) anggota ADPMET wilayah Sumatera Bagian Utara. Menurutnya, daerah berharap ADPMET mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kang Emil mengatakan, tahun 2021, ADPMET memiliki target agar daerah-daerah penghasil migas dapat mengelola lahan milik Pertamina yang skalanya kecil.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button