Nasional

Ada Vested Interest Ciptakan Stigma Mafia Tanah di Sengketa Pertanahan Tangerang

INDOPOSCO.ID – Pakar Hukum Pidana Prof Indriyanto Seno Adji S.H., M.H.menyatakan ada kepentingan terselubung dalam sejumlah kasus sengketa pertanahan di tanah air.

Guru Besar Hukum Pidana ini menyatakan sangat mengapresiasi lembaga Polri yang sudah bekerja secara profesional dalam pengungkapan berbagai kasus pertanahan, termasuk mengungkap penyandang dana atau aktor intelektual.

Akan tetapi, lanjutnya, tindakan judisial Polri ini seperti dimanfaatkan pihak-pihak tertentu yang bersengketa menciptakan stigma Mafia Tanah secara subyektif.

“Seolah legalitas pembebasan tanah dipersepsikan sebagai Mafia Tanah. Narasi dengan memberikan contoh sengketa atau kasus tanah secara subjektif, menunjukan opini sesat dan penuh vested interest,” ujarnya.

Dikatakan, sengketa tanah stigmatisasi sebagai Mafia Tanah, yang semuanya berujung pada vested interest, bukan pada obyektifitas sengketa hukum itu sendiri.

“Mafia Tanah itu kejahatan klasik yang terorganisir dan profesional, tapi menghindari mediasi dan proses hukum,” ujarnya.

Polri sebagai penegak hukum dan garda terdepan pengungkapan kasus sengketa tanah, lanjutnya, harus peka dan memahami maksud opini sesat ini dibangun sehingga sengketa hukum, tidak selalu distigmatisasi sebagai mafia tanah.

“Ini yang mesti dihindari, bahwa konotasi dan narasi semua pembebasan tanah seolah merupakan permainan Mafia Tanah adalah menyesatkan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button