Nasional

Ada Tiga Hal Penting Keamanan Data Pribadi, Apa Saja?

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan tiga hal penting dalam menjaga keamanan data pribadi penduduk agar tidak bocor dan disalahgunakan.

Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tiga hal penting itu antara lain pertama soal kesadaran pentingnya melindungi data pribadi.

“Yang paling mendasar harus kita tingkatkan kesadaran dan perlindungan menjaga rahasia data pribadi, jadi awareness tentang cyber security system, low protection itu menjadi perhatian kita karena kalau ada institusi yang mau menambang data,” ujarnya dalam diskusi bertema ‘Data pribadi diperjualbelikan, apa yang harus dilakukan’ di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Dia mengatakan, data pribadi penduduk itu ada dimana-mana, bahkan setiap lembaga menyimpan data pribadi masing-masing penduduk. “Hasil dari kajian kami, setiap kampus itu menyimpan data penduduk pendaftaran mahasiswa, Polri menyimpan data penduduk untuk pembuatan SIM, Badan Pertanahan menyimpan data penduduk untuk kepemilikan hak tanah,” tandasnya.

Belum lagi, lanjut dia, data pribadi yang disimpan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, perbankan, dan pihak swasta yang menyimpan data pribadi penduduk.

“Karena data kependudukan itu bisa mereka koleksi sendiri ketika penduduk mengisi kepesertaan. Dulu data itu hanya terdiri atas nama, alamat, dan tanggal lahir sekarang setelah berbasis integrasi data, mulai bergeser menuju NIK,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button