Megapolitan

Ada Instruksi dari Kapolri, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Gerak Cepat Ciduk 7 Pemalak Sopir Kontainer

INDOPOSCO.ID – Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap tujuh orang diduga preman yang kerap memalak sopir kontainer di kawasan PT Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana menjelaskan penangkapan tujuh orang tersebut merupakan gerak cepat untuk menindaklnajuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait memberangus preman yang meresahkan masyarakat.

“Sebagaimana arahan Pak Presiden dan Kapolri, kami menangkap tujuh orang yang diduga melakukan pungli ke sopir kontainer,” kata Putu Kholis dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Adapun ketujuh pelaku yang diciduk yakni, Mardut Arison, Rachmat Deni, Abdullah Syafii, Wahid Wahidin, Bambang Eko Prasetyo, Rendy Puji Hadyanto, dan Buhari.

Putu Kholis mengungkapkan, para pelaku bermodus melakukan pungutan liar kepada para sopir kontainer di PT. JICT dengan cara meletakkan wadah plastik atau botol minuman mineral kosong di badan alat crane.

“Yang kemudian harus diisi oleh sopir dengan uang nominal pecahan Rp5000 hingga Rp20.000, dan apabila sopir tidak memberikan uang maka akan tidak dilayani atau dilayani dengan lambat,” ujar Putu.

Dalam operasi penggeledahan yang dilakukan Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok, telah diamankan barang bukti senilai uang Rp1.287.000.

Saat ini, polisi mengamankan pelaku dan barang bukti ke Kantor Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Atas perbuatannya, para pelaku disangka melanggar Pasal 368 KUHPidana. (gin)

Sponsored Content
Back to top button