Headline

Ada Empat Isu Saat Jokowi Bertemu PM Kamboja. Apa Saja Isinya?

INDOPOSCO.ID – Usai mengikuti Pertemuan Pemimpin Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara di Jakarta, Sabtu (24/4/2021), Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (P) Kamboja Hun Sen. Berdasarkan informasi yang disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melalui keterangan virtual, pertemuan digelar di Ruang Serba Guna, Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Retno mengatakan, kedua pemimpin negara bertukar pikiran mengenai bagaimana upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara kedua negara. Terdapat empat isu yang disampaikan Jokowi dalam pertemuan tersebut.

“Pertama, mengenai kerja sama kesehatan. Bapak Presiden menegaskan pentingnya dukungan vaksin multilateral demi kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua negara. Presiden juga mengajak Kamboja untuk memperkuat kerja sama di bidang farmasi, obat-obatan, dan peralatan kesehatan,” ujarnya.

Retno mengatakan, peluncuran joint venture Dynamic Argon Co Ltd yang merupakan hasil kerja sama antara salah satu perusahaan farmasi di Indonesia dengan mitranya di Kamboja pada 2019 lalu, merupakan awal yang baik bagi kerja sama kesehatan antara kedua negara.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta dukungan Hun Sen untuk perluasan investasi BUMN dan swasta Indonesia di bidang farmasi dan peralatan kesehatan di Kamboja. Sementara isu, kedua yang dibicarakan keduanya ialah kerja sama ekonomi untuk pemulihan ekonomi. Jokowi, dalam pertemuan itu, mendorong upaya peningkatan volume perdagangan kedua negara antara lain dengan adanya jalur pengiriman langsung antara kedua negara di mana Pelindo II sudah menjajaki rencana tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button