Nusantara

74 Tahun Gugurnya Pahlawan Bagindo Aziz Chan

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota Padang memperingati 74 tahun gugurnya Bagindo Aziz Chan yang merupakan pahlawan nasional dan Wali Kota Padang kedua, bertepatan dengan 19 Juli 2021. “Bertepatan dengan momentum peringatan gugurnya Bagindo Aziz Chan, mari kita maknai semangat perjuangannya dengan merapatkan barisan dalam upaya menuntaskan pandemi Covid-19,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, saat peringatan secara virtual Senin (19/7/2021).

Menurutnya, setelah lebih satu tahun pandemi Covid-19 melanda dengan semangat kebersamaan dan perjuangan seluruh warga kota semoga bisa berakhir secepatnya. “Kota Padang saat ini bukan lagi berperang melawan penjajah, namun berlawanan dengan virus mematikan yang tak tanpa wujud,” ujarnya.

Ia menyampaikan setiap 19 Juli merupakan tanggal bersejarah yang tidak bisa dilupakan warga Kota Padang. Karena tepat 74 tahun yang lalu, telah terjadi peristiwa heroik yakni gugurnya sang Bagindo Aziz Chan yang ditembak oleh serdadu penjajah Belanda.

Demi mempertahankan Kota Padang dengan semangat pantang menyerah Bagindo Aziz Chan rela mengorbankan jiwa dan raganya. “Kata yang selalu dilontarkannya adalah ‘langkahi mayat saya dahulu baru Belanda dapat memperluas wilayah operasinya’,” kata Hendri.

Ia mengatakan pada tahun ini di Kota Padang berada di dalam situasi masa pandemi Covid-19 yang membuat seluruh lapisan masyarakat menghadapi dampaknya. “Oleh karena itu, mari warisi nilai-nilai kepahlawanan dan kejuangan almarhum Bagindo Aziz Chan untuk terus melawan dampak pandemi tersebut. Salah satunya dengan selalu menaati protokol kesehatan,” tandasnya dilansir Antara.

Ia menambahkan di Kota Padang saat ini tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung selama 12-20 Juli 2021. “Mari ikuti semua aturan yang diberlakukan dalam kebijakan ini demi mengendalikan penyebaran Covid-19. Dan ini adalah salah satu bentuk perjuangan dari kita semua saat ini agar musibah tersebut segera teratasi,” kata Wali Kota Hendri Septa. (aro)

Sponsored Content
Back to top button