Nusantara

7 Fraksi Beri Opsi Lanjutkan Pinjaman Daerah Berbunga, 2 Fraksi Menolak

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengajukan pertimbangan dan pendapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten tentang nasib pinjaman daerah kepada PT. Sarana Multi Insfratuktur (SMI) senilai Rp4,1 triliun.

Ada tiga opsi yang diusulkan Gubernur Banten Wahidin Halim melalui surat resminya. Pertama, tetap melakukan pinjaman dengan beban bunga 6 persen. Kedua, melakukan pinjaman sebagian. Ketiga, tidak melakukan pinjaman.

Dari hasil pembahasan, mayoritas Fraksi di DPRD Provinsi Banten memberikan opsi untuk melanjutkan pinjaman dengan beban bunga 6 persen. Ada 7 Fraksi yang setuju, antara lain PDI Perjuangan, Demoktrat, Golkar, PPP, PKS, Nasdem-PSI, PKB. Sedangkan Fraksi Gerindra dan PAN tidak setuju pinjaman berbunga.

“Gubernur itu mengajukan 3 opsi, melanjutkan sepenuhnya, melaksanakan sebagian dan menggalkan secara keseluruhan. Kita memberikan masukan. Pertama, melanjutkan secara keseluruhan itu Fraksi yang paling banyak. Kedua, ada fraksi yang minta untuk tidak dilakukan 3 Fraksi. Mau tahu? Gerindra sama PAN,” kata Wakil Ketua DPRD Banten M. Nawa Said Dimyati, Jumat (16/4/2021).

Nawa menjelaskan, masukan yang disampaikan oleh Fraksi-fraksi sifatnya tidak mengikat. Keputusan semuanya ada di Pemprov Banten. Mengingat, pinjaman itu dilakukan berlandaskan Undang-undang nomor 2 tahun 2020 yang isinya menyebutkan pinjaman daerah tanpa harus ada persetujuan DPRD. Yang terpenting baginya, Pemprov tidak melakukan pelanggaran secara Perundang-undangan.

“Di dalam rapat itu, pendapat DPRD sifatnya tidak mengikat bahwasanya mayoritas Fraksi selama tidak ada peraturan Perundang-undangan tidak ada yang dilanggar, semua yang dilakukan dalam rangka pembangunan dalam PEN kita persilahkan gubernur memilih opsi,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button