Nasional

Kemkominfo bersama Kemendikbud Ristekdikti Ajak Masyarakat Membuat Rekam Jejak Digital Positif di Internet

INDOPOSCO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama GNLD Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti kembali mengadakan Webinar Digital Society pada Kamis (12/08) yang dimulai pukul 10.00 WIB dan disiarkan langsung melalui Zoom Webinar, Kanal Youtube Siberkreasi, Facebook Live Siberkreasi, Youtube Kemkominfo TV, Youtube Direktorat Sekolah Dasar, dan Youtube Video Pendidikan Indonesia. Webinar kali ini mengulas pentingnya mengamankan identitas digital kita dan kaitannya dengan jejak digital di internet.

Dengan mengangkat tema “Waspada Rekam Jejak Digital Pendidik dan Peserta Didik di Internet”, kegiatan ini mengundang berbagai pakar yang relevan di bidangnya sebagai narasumber. Webinar dibuka oleh Semuel Pangerapan, B.Sc selaku Dirjen Aptika Kemkominfo dan Jumeri, S.TP., M.Si. selaku Dirjen PAUD, Dikdas & Dikmen Kemendikbud Ristekdikti.

Dalam sambutannya, Dirjen Semuel menegaskan bahwa literasi digital merupakan kunci dan keniscayaan dalam menghadapi perkembangan serta disrupsi teknologi yang semakin masif. Dengan demikian, Kemenkominfo dan Siberkreasi berkomitmen akan terus melakukan upaya peningkatan literasi digital masyarakat melalui berbagai macam inisiatif kegiatan yang diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia.

“Kemampuan literasi digital merupakan kemampuan yang paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini, untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi, namun juga cermat dalam menggunakannya,” ujar Semuel.

Selain itu, Dirjen Jumeri juga mengingatkan bahwa setiap hari kita secara tidak sadar ataupun sadar telah meninggalkan jejak di dunia maya melalui unggahan kita, komentar, situs laman yang kita kunjungi, memasukkan data pribadi, mengirim pesan dan lain sebagainya, yang semua ini menjadi jejak digital yang akan tersimpan secara abadi di dunia maya.

“Jejak digital pula yang membentuk pribadi dan menggambarkan diri kita di dunia digital, untuk itu kita harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap informasi apapun yang kita bagikan di internet dan juga ada beberapa rambu-rambu yang harus kita waspadai diantaranya adalah UU ITE, jangan sampai kita terkena dampaknya. Dapatkan manfaatnya, hindari resikonya.” kata Jumeri.

Rekam Jejak Digital dan Dampaknya

Dalam banyak kasus, warganet sering kali mengunggah berbagai bentuk konten dan meninggalkan jejak digital yang kurang hati-hati.

Heni Mulyati, M.Pd., Pengurus Siberkreasi dan Komite Edukasi Mafindo, dalam paparannya menjelaskan mengenai apa itu rekam digital dan bentuknya, hak, tanggung jawab, dan kewajiban pengguna internet, serta bahaya dan ancaman ketika kita tidak hati-hati meninggalkan rekam jejak digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button