Nusantara

Jumlah Anak Penderita Stunting Di Banda Aceh Capai 364 Orang

INDOPOSCO.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh mencatat jumlah anak yang menderita stunting di ibu kota Provinsi Aceh itu mencapai 364 orang hingga tahun 2021.

“Tahun ini kita hanya mencari data berapa angka stunting di Banda Aceh, dan ini akan kita laporkan ke BKKBN provinsi,” tutur Kepala DP3AP2KB Banda Aceh Cut Azharida seperti dikutip Antara, Kamis (5/8/2021).

Cut Azharida menyatakan, karena 2021 ini pihaknya belum memiliki anggaran terhadap penanganan stunting, sejauh ini mereka belum bergerak. Tetapi, lebih kepada mencanangkan upaya pencegahan serta pembinaan untuk 2022 mendatang melalui bantuan provinsi ataupun pusat.

“Untuk tahun ini kita belum ada anggaran, mungkin tahun depan baru ada anggaran dari pusat, saat ini kita hanya lakukan pendataan gampong( desa) yang ada stunting, itu kita intervensi sejauh mana stunting berkurang di desa itu,” tuturnya.

Azharida menyatakan, salah satu upaya mereka dalam pencegahan stunting ini dengan melaunching rumah gizi di desa-desa, sehingga nantinya bisa dilihat sejauh mana perkembangan stunting di daerah itu.

“Untuk di rumah gizi ada kegiatan bekerja sama dengan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), di situ juga ada pemberian gizi untuk balita, posyandu, serta berbagai kegiatan lainnya,” tuturnya.

Cut Azharida menjelaskan, langkah yang dilakukan pihaknya dalam upaya pencegahan terjadinya stunting ini dimulai dari seribu hari kehidupan. Di mana pembinaan dilakukan mulai sejak menjadi calon pengantin, awal pernikahan sampai proses menyusui.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button