Nasional

54 Meninggal Akibat Covid-19 Usai Divaksin, Kebanyakan Komorbid

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, bahwa angka kematian akibat Covid-19 setelah menerima vaksinasi jumlahnya sedikit.

Berdasar data yang dikantonginya, bahwa dari 5,1 juta sampel atau pasien yang telah disuntik vaksin, hanya 54 orang meninggal dunia karena Covid-19.

“Data yang kita dapat, yang meninggal karena Covid-19 sudah divaksin angkanya sangat rendah. Dari 5,1 juta hanya 54 orang yang meninggal,” kata Luhut dalam konfrensi pers tindak lanjut arahan Presiden RI terkait perkembangan terkini PPKM, Rabu (21/7/2021).

Sebagain besar yang meninggal tersebut memiliki penyakit penyerta atau komorbid. “Jadi ini angkanya hanya (setara) 0,21 persen. Jadi itu divaksin dan itu rata-rata (pasien dengan) komorbid (penyakit bawaan),” bebernya.

Selain itu, testing dan tracing juga penting agar sejak lebih awal dapat terdeteksi orang-orang yang terinfeksi Covid-19. Sehingga nantinya mereka dapat dirawat dengan baik.

“Dan rata-rata penyembuhannya delapan hari. Tingkat penyembuhannya lebih cepat. Akan tetapi tingkat meninggalnya pun lebih cepat kalau penanganannya tidak cepat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, langkah pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 harus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat. “Saya mohon ini supaya menjadi perhatian kita semua,” tandas Luhut. (dan)

Sponsored Content
Back to top button