Headline

53 Awak KRI Nanggala-402 Dipastikan Gugur

INDOPOSCO.ID – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dipastikan gugur dalam kasus tenggelamnya kapal tersebut. Hal ini diketahui berdasarkan hasil citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

“53 awak kapal KRI Nanggala-402 dipastikan gugur,” kata Hadi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Puspen TNI, Minggu (25/4/2021).

Hadi menuturkan bagian dari KRI Nanggala yang meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, hingga baju keselamatan awak kapal MK 11 telah ditemukan. Setelah empat hari pencairan intensif, kemarin Sabtu (24/4/2021) sejumlah benda berhasil ditemukan di dekat lokasi tumpahan minyak.

Antara lain pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai oleh ABK untuk beribadah, solar hingga pelumasan untuk naik turun periskop kapal selam. Dengan temuan itu, TNI telah menetapkan KRI Nanggala-402 dengan status subsunk atau tenggelam, setelah sebelumnya masih dinyatakan hilang kontak yang diduga akibat black out.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button