Megapolitan

28 ODGJ Korban Pemasungan Direhabilitasi Gratis di RSJ Bogor

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mengembalikan kesehatan jiwa sekaligus membebaskan dari penderitaan akibat pemasungan, sebanyak 28 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar) menjalani rehabilitasi gratis di Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor.

Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat (RSJMM) Iyep Yudiana mengatakan, program tersebut merupakan kerja sama dengan Pemkab Pangandaran untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada ODGJ.

“Tujuan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat RSJMM adalah sebagai sarana promosi kesehatan jiwa kepada masyarakat, memberikan pelayanan kesehatan jiwa secara langsung kepada ODGJ dan keluarga dan menciptakan jejaring rujukan pelayanan kesehatan jiwa,” katanya melalui siaran pers diterima di Pangandaran, Sabtu (27/3/2021).

Ia mengatakan, tim pelayanan kesehatan jiwa masyarakat dari RSJMM terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah ODGJ di Kabupaten Pangandaran hingga akhirnya diputuskan 28 ODGJ untuk dibawa ke RSJMM Kota Bogor.

Mereka yang lolos pemeriksaan oleh tim RSJMM itu, kata Iyep, akan mendapatkan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi secara intensif di RSJMM selama 23 hari. Selesai rehabilitasi di RSJMM, kata dia, akan ada penanganan lanjutan oleh keluarga di rumahnya masing-masing seperti minum obat, dan rutin kontrol kesehatan ke puskesmas maupun ke Rumah Solusi Himatera Pangandaran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button