INDOPOSCO.ID – Menjelang perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersiap menghadapi lonjakan kebutuhan transaksi masyarakat. Bank swasta terbesar di Indonesia ini memproyeksikan kebutuhan uang tunai mencapai Rp42,1 triliun selama periode libur akhir tahun, seiring terjaganya aktivitas ekonomi dan pola belanja masyarakat yang cenderung meningkat menjelang pergantian tahun.
Proyeksi tersebut mencerminkan kenaikan dibandingkan periode Nataru sebelumnya. Berdasarkan perhitungan internal BCA, peningkatan permintaan uang tunai mulai terasa sejak 22 Desember 2025, dengan titik tertinggi transaksi tarik tunai diperkirakan terjadi pada 31 Desember 2025. Perhitungan kebutuhan ini mencakup periode 21 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong, menegaskan kesiapan perseroan dalam menjaga kelancaran layanan perbankan selama masa liburan panjang. Tak hanya dari sisi ketersediaan uang tunai, BCA juga menyiapkan berbagai produk, kanal transaksi, serta layanan pendukung agar nasabah tetap dapat beraktivitas dengan nyaman dan aman.
“Kami harap ketersediaan uang tunai pada periode tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dalam memenuhi berbagai keperluannya. BCA juga menghadirkan berbagai promo selama periode Nataru, demi mendukung perputaran yang di masyarakat sehingga akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Hendra dalam keterangannya, Senin (15/12/2025).
Sebagai bagian dari strategi menyambut akhir tahun, BCA kembali menghadirkan BCA Year End Salebration 2025 yang berlangsung hingga 4 Januari 2026. Program ini menawarkan diskon hingga 50 persen untuk beragam kategori, mulai dari fesyen dan gaya hidup, hotel, gadget dan elektronik, perjalanan, e-commerce, hingga kuliner dari berbagai merchant favorit.
Di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat, BCA juga mendorong nasabah untuk memanfaatkan layanan digital seperti myBCA, BCA mobile, dan KlikBCA untuk memenuhi kebutuhan transaksi harian. Selain itu, layanan Halo BCA 1500888 tetap siaga selama 24 jam guna memberikan bantuan kapan pun dibutuhkan.
Dalam kesempatan yang sama, Hendra menyampaikan pesan akhir tahun kepada seluruh nasabah dan masyarakat Indonesia.
“Mewakili jajaran Komisaris, Direksi, dan seluruh karyawan PT Bank Central Asia Tbk, saya mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Semoga Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 membawa kedamaian dan harapan baru bagi kita agar siap menjadi insan yang lebih bersahaja,” ujar Hendra.
Tak lupa, BCA juga menyampaikan empati mendalam kepada masyarakat yang terdampak bencana alam di penghujung tahun.
“Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada masyarakat di sejumlah daerah di Sumatera yang terdampak bencana banjir serta longsor. Semoga seluruh keluarga diberi kekuatan, perlindungan, dan kita dapat memasuki tahun baru dengan harapan kondisi lebih baik ke depannya. Terima kasih atas kepercayaan yang terus diberikan kepada BCA,” tambahnya.
Dengan kesiapan likuiditas, penguatan layanan digital, serta dukungan terhadap aktivitas ekonomi masyarakat, BCA menutup tahun 2025 dengan optimisme, mengantar publik memasuki 2026 dengan harapan, kehati-hatian, dan semangat kebersamaan yang lebih kuat. (her)









