• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Megapolitan

Transjakarta dan DPRD Dorong Jakarta Menuju Kota Cerdas dan Manusiawi di Usia ke-500

Folber Siallagan by Folber Siallagan
Selasa, 4 November 2025 - 20:53
in Megapolitan
IMG-20251104-WA0007

Dirut Transjakarta, Welfizon Yuza (kiri) Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ) (tengah) Kepala Pusat Data dan Informasi Dishub DKI Jakarta, Susilo Dewanto (kanan). Foto: Feris Pakpahan/INDOPOSCO.ID

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus mempercepat transformasi menuju layanan transportasi publik yang cerdas, inklusif, dan berorientasi pada warga.

Direktur Utama PT Transjakarta, Welfizon Yuza, menegaskan, Transjakarta kini tidak lagi sekadar mengoperasikan bus, tetapi membangun ekosistem smart mobility yang menjadi bagian penting dari wajah baru Jakarta.

“Kalau dulu layanan didorong dari sisi operasional, sekarang kami tarik dari sisi pelanggan,” kata Welfizon di Jakarta, Selasa (4/11/2025).

Menurutnya, transformasi besar ini dimulai sejak 2015, ketika Transjakarta beralih dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) menjadi Perseroan Terbatas (PT).

“Perubahan tersebut mengubah paradigma perusahaan dari operational driven menjadi customer driven,” ujarnya.

“Bahkan, istilah “penumpang” kini resmi diganti menjadi “pelanggan,” untuk menegaskan penghormatan terhadap warga sebagai pusat layanan publik,” imbuhnya.

Selain itu, hasil dari perubahan budaya ini terlihat nyata, lanjutnya, fokus rapat operasional harian kini bukan lagi soal jumlah bus yang beroperasi, melainkan berapa banyak pelanggan yang terlayani.

Jangkauan layanan Transjakarta kini mencapai 91,8 persen wilayah Jakarta, atau setara dengan akses bagi sembilan dari sepuluh warga yang bisa menemukan halte dalam jarak berjalan kaki lima hingga sepuluh menit.

Meski sempat terpukul pandemi Covid-19, Transjakarta tetap beroperasi melayani sektor esensial. Kini, jumlah pelanggan melonjak pesat.

“Tahun lalu kami melayani 372 juta pelanggan. Tahun ini targetnya tembus 400 juta,” kata Welfizon optimistis.

Ke depan, Transjakarta menyiapkan fase baru menuju sistem transportasi publik terintegrasi berbasis teknologi yang berpusat pada warga.

“Kami tidak lagi bicara sekadar busway. Transjakarta kini bagian dari kota cerdas bukan hanya customer centric, tapi citizen centric,” ucapnya.

Selain mobilitas harian, Transjakarta juga mengembangkan urban tourism melalui layanan open top tour bus, untuk menghadirkan pengalaman menikmati wajah baru Jakarta dari sudut pandang berbeda.

“Kalau ke London atau Paris orang naik bus tingkat untuk menikmati kota, sudah saatnya Jakarta punya daya tarik yang sama. Transjakarta siap jadi wajahnya,” tegasnya.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ), mengapresiasi kemajuan pesat transportasi Jakarta.

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir, Jakarta berhasil melampaui beberapa kota besar di Asia Tenggara dalam hal integrasi dan layanan publik.

“Kalau kita bandingkan, dulu Kuala Lumpur masih lebih baik. Tapi kini Jakarta sudah melampaui Kuala Lumpur, Bangkok, bahkan Manila,” ujar Taufik.

Meski begitu, MTZ mengingatkan agar pemerintah dan BUMD transportasi tidak terlena.

Masih banyak ruang untuk penyempurnaan agar sistem transportasi Jakarta menjadi lebih efisien, aman, nyaman, dan manusiawi.

Ia menilai, momentum ini harus dijaga menjelang ulang tahun ke-500 Jakarta pada 2027.

“Peningkatan mobilitas publik yang ramah warga harus menjadi kado terbaik bagi Jakarta di usia bersejarahnya,” tegas Taufik.

Politikus PKS itu menambahkan, pembangunan transportasi publik tak cukup berhenti di infrastruktur. Aspek pelayanan, pengawasan, dan kolaborasi lintas lembaga juga harus diperkuat.

“Transjakarta, MRT, dan LRT telah menghadirkan pelayanan yang lebih manusiawi. Tapi perbaikan harus terus berlanjut,” kata dia.

Ia juga mengajak masyarakat ikut menjaga fasilitas publik dan mendukung penggunaan transportasi umum sebagai bagian dari gaya hidup kota yang berkelanjutan.

“Kami optimistis, kerja sama antara DPRD, Pemprov DKI, BUMD transportasi, dan masyarakat akan membawa Jakarta menuju era baru mobilitas publik yang maju dan berkeadilan sosial,” pungkasnya. (fer)

Tags: DPRDkota cerdasTransJakarta
Previous Post

Anteraja dan Shopee Umrahkan 24 Kurir Terbaik Lewat Program “SATRIA Umrah 2025”

Next Post

DAU Tiap Kelurahan di Jakarta, Kota Bambu Utara Rencanakan Penataan Kawasan

Related Posts

IMG-20251104-WA0012
Megapolitan

Perda Perlindungan Perempuan dan Anak bakal Direvisi

Selasa, 4 November 2025 - 22:51
IMG-20251104-WA0008
Megapolitan

DAU Tiap Kelurahan di Jakarta, Kota Bambu Utara Rencanakan Penataan Kawasan

Selasa, 4 November 2025 - 21:15
onal
Megapolitan

Bukan Pengedar, Onad Direhabilitasi 3 Bulan Terkait Kasus Narkoba

Selasa, 4 November 2025 - 20:37
IMG-20251104-WA0003
Megapolitan

Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Apresiasi Layanan Publik di BPN Jakarta Utara

Selasa, 4 November 2025 - 20:24
BPN-DKI
Megapolitan

Rakerda Kanwil BPN Jakarta Fokus Optimalisasi Kinerja dan Pelayanan Publik

Selasa, 4 November 2025 - 17:05
thrifting
Megapolitan

Ubah Pasar Senen Jadi Pusat Produk Lokal, Pedagang Thrifting Siap Bertransformasi

Selasa, 4 November 2025 - 10:45
Next Post
IMG-20251104-WA0008

DAU Tiap Kelurahan di Jakarta, Kota Bambu Utara Rencanakan Penataan Kawasan

BERITA POPULER

  • WhatsApp Image 2025-11-01 at 08.26.51 (1)

    Bhayangkara FC vs Persita: Pendekar Cisadane Janjikan Laga Sulit untuk The Guardian

    969 shares
    Share 388 Tweet 242
  • Liverpool vs Real Madrid: The Reds Diuntungkan Statistik, Tapi…

    677 shares
    Share 271 Tweet 169
  • Persijap vs Malut United: Lini Belakang Bermasalah, Laskar Kalinyamat Harus Dispilin

    672 shares
    Share 269 Tweet 168
  • Peserta TKA Siaran Langsung di Medsos, Kemendikdasmen: Sudah Ditindak Pengawas

    661 shares
    Share 264 Tweet 165
  • Ampas Teh

    732 shares
    Share 293 Tweet 183
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.