Headline

20 Napi Korupsi di Jatim Diusulkan Dapat Remisi

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 13.618 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Anak Didik Pemasyarakatan (ADP) di Jawa Timur (Jatim), diusulkan akan mendapat remisi umum atau pengurangan masa memjalani pidana. Paling lama enam bulan dan minimal satu bulan.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Krismono mengatakan, ada 39 lapas yang diusulkan mendapat remisi. Sedangkan jumlah seluruh WBP dan ADP yang berstatus sebagai narapidana di Jatim yaitu 21.742 orang.

Dari jumlah itu, hampir 40 persen atau 5.289 orang mendapat remisi adalah perkara kriminal khusus. Kemudian, marapidana kasus narkotika masih mendominasi dengan 5.263 orang. Dilanjutkan dengan 20 orang WBP kasus korupsi.

“Selain itu, ada tiga orang WBP kasus terorisme yang juga mendapatkan pengurangan masa pidana,” ungkapnya.

Ia menerangkan, Lapas I Malang menjadi penyumbang terbanyak mendapat remisi. Ada 1.416 orang WBP atau ADP yang mendapatkan haknya. Disusul Lapas I Surabaya dengan 1.367 orang dan Lapas IIA Pamekasan dengan 699 orang.

Menurutnya, usulan telah disampaikan kepada Ditjenpas. Semua pelaksanaannya dilakukan secara otomatis menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

“Sistem secara otomatis akan mengusulkan jika WBP atau ADP memang memenuhi syarat mendapat remisi. Jika tidak otomatis ditolak,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button