Nasional

16 RS Darurat Covid-19 Disiapkan di 7 Kawasan Perkotaan

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan tambahan sekurangnya 16 bangunan yang dikonversi menjadi fasilitas Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Sejumlah bangunan tersebut tersebar di 7 kawasan perkotaan, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo Raya, Surabaya dan Bali.

“Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh Pemerintah, Kementerian PUPR menyiapkan tidak hanya ruang isolasi, tetapi juga rumah sakit,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Ia menontohkan, Asrama Haji di Pondok Gede yang terdiri dari lima gedung yang telah diubah menjadi Rumah Sakit Darurat penanganan Covid-19. Dengan total hampir 900 tempat tidur, termasuk menampung tenaga kesehatan.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, di Jakarta juga disiapkan Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi Pasar Rumput, dan Gedung Pusat Kesehatan Ibu Anak (PKIA) Kiara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengungkap, terdapat 2 fasilitas di Bali dan 4 fasilitas di Yogyakarta yang ditargetkan dapat beroperasi mulai.

“Sedangkan terdapat setidaknya 3 fasilitas RS Darurat Covid-19 di Bandung yang disiapkan dan diperkirakan mulai beroperasi Rabu (21/7/2021),” ungkapnya.

Sementara di Surabaya, Endra menyatakan saat ini tengah disiapkan RS Indrapura Surabaya menjadi layanan pasien Covid-19 yang diperkirakan penyelesaian renovasinya rampung awal Agustus 2021.

“Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan fasilitas isolasi dan perawatan Covid-19 di Semarang dan Solo Raya diperkirakan dapat beroperasi mulai Kamis, 22 Juli 2021 yang akan datang,” ujar Endra. (dan)

Sponsored Content
Back to top button