Native Ads

15 Ribu UMKM Unggulan Jabar Siap Sukseskan Gernas BBI

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 15.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Barat (Jabar) siap menyukseskan dan memeriahkan acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang akan dilaksanakan selama bulan April 2021.

“Pertama, 15.000 UMKM di Jabar siap dalam Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicanangkan oleh Pak Presiden. Alhamdulillah oleh pemerintah pusat jatah bulan April ada pada promosi maksimal produk-produk Jawa Barat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat jumpa pers Gernas BBI di Jawa Barat, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Kamis (1/4).

Pemprov Jabar, kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, melengkapi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonensia sebagai bentuk lain dari bela negara.

“Kementerian Koperasi dan UKM sebagai yang terdepan juga mendukung ke Jawa Barat dengan UKM Jabar Paten yang tentu akan kita sinkronkan,” kata dia.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini berharap kalangan menengah atas bisa memaksimalkan perannya untuk mendukung UMKM di Jawa Barat yakni dengan berbelanja produk UMKM.

“Belanja sebanyak-banyaknya, jangan ditahan, jangan disimpan agar api ekonomi Jawa Barat ini sampai akhir tahun bisa luar biasa,” kata dia.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan Gernas BBI merupakan gerakan yang diprakarsai langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Postur UMKM ini 99 persen dari pelaku ekonomi di Indonesia, berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja 98 persen, dan kontribusi pada PDB 60 persen. Saat pandemi ini betul-betul terdampak. Salah satunya terkait pembatasan mobilitas karena UMKM baru 8 juta unit usaha yang masuk ke ekosistem digital,” kata Fiki.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button