Megapolitan

10 Ribu Warga Kabupaten Tangerang Ikut Vaksinasi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi ( melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang serta TNI-Polri  menggelar vaksinasi Covid-19 selama dua hari mulai Selasa – Rabu (8-9/6/2021).

Target vaksinasi yang diselenggarakan di Indonesia Covention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang tersebut adalah 10 ribu warga yang terdiri dari lansia, tenaga pendidik dan kependidikan serta pelayan publik.

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi selama dua hari tersebut, targetnya adalah para lansia, tenaga pendidik dan kependidikan serta beberapa pelayanan publik yang memang urgen untuk dilakukan vaksinasi.

“Jadi hari ini sebanyak 5 ribu orang yang divaksinasi dan besok (Rabu 9/6/2021) sebanyak 5 ribu lagi yang akan divaksinasi. Jadi selama dua hari sasarannya sebanyak 10 ribu warga,” ujar dia kepada INDOPOSCO, Selasa (8/6/2021)

Ati menjelaskan, hingga saat ini jumlah warga Banten yang telah  tervaksinasi untuk vaksin pertama sebanyak 485 ribu orang.

“Warga yang telah yang divaksin itu terdiri dari pelayanan kesehatan, pelayan publik, lansia dan orang-orang rentan,” kata dia.

Ati mengatakan, vaksinasi akan terus dilakukan secara bertahap agar semua warga Banten akan mendapat vaksinasi Covid-19.

“Kami tentu berharap, dari 12 juta jiwa  penduduk Banten akan tervaksinasi sebanyak 8 juta penduduk atau sekitar 70 persen. Namun, karena vaksinasinya bertahap, maka akan terus kita lakukan sesuai jumlah vaksin yang datang,” tuturnya.

Lebih jauh Ati menjelaskan, dari delapan kabupaten/kota yang ada di Banten, capaian vaksinasi yang paling menonjol ada di Tangerang Raya.

“Dari 485 ribu warga Banten yang telah divaksin itu, sebagian besar ada di Tangerang Raya,” ucapnya.

Untuk wilayah lain di luar Tangerang Raya, kata Ati, yang paling banyak telah divaksinasi adalah Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

“Dua daerah yang harus terus digenjot adalah Kota Serang dan Kabupaten Serang. Kendalanya, bukan karena keterbatasan vaksin tetapi kultur masyarakat. Karena itu kita terus mendorong dan mensosialisasikan sehingga warga mau divaksinasi,” ujarnya.

Ati mengatakan, Pemprov Banten bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan TNI-Polri akan terus menggenjot untuk mengejar ketertinggalan Kota Serang dan Kabupaten Serang.

Ati lebih lanjut mengatakan Pemprov Banten  bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), akan mempersiapkan kunjungan Presiden ke sentra vaksinasi  pada Rabu, 9 Juni 2021.

“Rencananya lokasi sentra vaksinasi ke-2 yang dibuka pada Rabu 9 Juni 2021 bertempat di Spring Gading Serpong dengan  sasaran yang  divaksin sebanyak 2 ribu orang untuk usia 50 tahun ke atas. Lokasi tersebut sekaligus tempat yang akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Ati mengungkapkan tujuan dibukanya gerai-gerai vaksinasi dengan melibatkan TNI/Polri dalam rangka percepatan pencapaian cakupan vaksinasi, sehingga diharapkan dapat mempercepat pemutusan rantai penularan Covid-19 di Provinsi Banten pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button