Nusantara

10 Kali WTP, Pemkab Serang Raih Penghargaan Kemenkeu

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah. Kali ini, perolehan penghargaan dengan kategori 10 kali WTP BPK.

Penghargaan diberikan secara simbolis dan virtual oleh Kementerian Keuangan, Selasa (14/9/2021).

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih atas apresiasi Kementerian Keuangan. Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Sekadar diketahui, Kementerian keuangan memberikan penghargaan kepada pemerintah, lembaga, dan pemerintah daerah sebagai entitas pelaporan keuangan. Penghargaan diraih atas perolehan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada tahun anggaran 2020.

Perincian penghargaan diberikan kepada 349 entitas untuk 5 kali WTP berturut-turut, 59 entitas untuk 10 kali WTP berturut-turut, dan 3 entitas pelaporan untuk 15 kali WTP berturut-turut. Sementara dari Banten, penghargaan 10 kali WTP diberikan kepada Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang. Kemudian penghargaan 5 kali WTP diberikan kepada Pemprov Banten, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan.

Menurut Tatu, untuk meraih opini WTP dari BPK, sekaligus penghargaan dari Kemenkeu tidak mudah. Ia menilai, butuh konsistensi, kebersamaan, tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan yang berlaku.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button