Megapolitan

1.535 Warga Binaan Lapas Kelas I Tangerang Divaksin

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 1.535 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang divaksin Covid-19. Vaksinasi ini dilakukan untuk membentuk herd immunity warga binaan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono menyatakan hingga saat ini sudah 1.535 dari 2.062 warga binaan yang sudah divaksin.

“Vaksinasi ini trus kami lakukan untuk membentuk herd immunity warga binaan, “ kata Viktor saat ditemui INDOPOSCO disela-sela vaksinasi di Lapas Kelas 1 Tangerang, Kamis (12/8/2021).

Victor mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan hari ini merupakan gelombang kedua. Sebelumnya pada bulan Juli lalu ada 500 warga binaan yang telah divaksin.

“Jadi warga binaan yang sudah divaksin dari gelombang 1 dan II sebanyak 1.535 orang atau 75 persen dari 2.062 warga binaan,” ujarnya.

Sementara bagi warga binaan yang belum divaksin, akan dilakukan pada gelombang berikutnya.

“Mereka yang belum divaksin karena terganjal nomor induk kependudukan (NIK). Kami berusaha agar gelombang berikut mereka bisa divaksin setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Depnakes,” tuturnya.

Viktor juga menambahkan 82 warga binaan dan 24 petugas lapas yang terpapar Covid-19 beberapa bulan yang lalu telah dinyatakan sembuh semua.

“Begitu mengetahui ada warga binaan dan petugas yang terpapar virus corona itu, kami langsung isolasi selama 14 hari di kamar masing-masing dan dilakukan pemantauan. Setelah itu, seluruhnya telah dinyatakan sembuh. Sekarang ini tidak ada lagi yang terpapar virus corona,” ungkapnya.

Disinggung tentang penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan LP, Viktor mengatakan hal tersebut tetap dilakukan secara ketat.

Selama ini, LP Kelas I Tangerang belum membuka jam layanan pembesuk untuk warga binaan.

Hal itu ditujukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang di luar LP. “Bagi yang masuk ke LP dicek suhu badan dan wajib prokes semuanya,”ujarnya.

Sementara Ahmad Junadi, salah satu warga binaan mengaku senang dan berterimakasih karena telah mendapatkan vaksinasi pertama.

“Senang karena bisa mendapatkan layanan vaksinasi ini, ujar pria yang tersangkut kasus narkoba ini. (gin)

Sponsored Content
Back to top button